![]() | |
Animation Upin Ipin |
Animasi dapat
dikatakan menghidupkan sesuatu yang kita buat. Kalo kita fanatik,
mungkin kita belajar menjadi tuhan, karena kita menghidupkan benda yang
mati. Kita membuat beberapa gambar yang berkesinambungan kemudian
disatukan sehingga menjadi sebuah gerakan.
Prinsip – perinsip animasi
Sebenarnya ada 28 prinsip animasi yang telah di sepakati oleh para ahli di seluruh dunia, tetapi Walt Disney mempersempit
lagi menjadi 12 prinsip. Dan yang menjadi intinya ada 7 prinsip animasi
yang benar –benar harus dikuasai oleh para animator, khususnya animator
pemula.
7 prinsip animasi
1. Staging ( Solid drawing )
Tempat kita untuk membuat gambar
atau sebuah pose, baik dari tampilan depan,belakang,kiri ,kanan, dan
semua nya. Agar terlihat didalamnya sebuah karakter yang kuat.
2.
Antisipasi ( ancang – ancang )
Gerakan awalan sebelum melakukan gerakan utama. Misalkan kita hendak
meloncat, tentu kita akan memperkuat tumpuan dulu ke bawah baru kita
loncat ke atas. Itu diperlukan agar animasi lebih naturalis
3. Follow Throught
Gerakan yang tidak dimulai secara bersamaan. Maksudnya, misalkan saat
kita akan menengok ke kanan tentu tidak seluruh badan kita langsung
menengok ke kanan, pasti gerakan akan satu persatu menengok ke kanan,
misal dari kaki kemudian pinggul, dada, baru kemudian kepala. Dengan
begitu akan terlihat lebih alus.
4. Overlapping
Gerakan yang tidak di akhiri
secara bersamaan. Kebalikan dari Follow Throught, saat kita berhenti
melakukan sesuatu tentu badan kita tidak akan berhenti secara bersamaan.
Misalkan tadi kita telah mengengok kekanan. Sama saja kita akan
berhenti secara bertahap dari kaki,paha, dada, dan kemudian kepala.
5.
![]() | |
Ball Bouncing |
Slow in / Slow out ( Ease in, Ease out)
Lambat diawal , lambat pula
diakhir. Seperti bola memanatul, saat bola di lempar ke udara lambat
laun akan turun bukan, dan saat memnatul akan kembali ke atas. Seperti
itulah
6.
Arcs ( Rotasi, kelengkungan)
Kelengkungan gerakan saat kita
melakukan segala gerakan. Semua gerakan yang kita lakukan tidak pernah
lurus, karena semua mengikuti porosnya yaitu poros tulang.
7.
Appeals ( daya tarik)
Dalam Appeals ini terdapat action
dan ada acting. Action adalah gerakan yang dilakukan dan Acting adalah
perasaan yang sedang di alami. Gerakan berjalan seseorang saat sedang
gembira dengan yang sedang sedih tentu berbeda bukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar